Membongkar Nomor BPOM Asli (Teregistrasi) dan Palsu (Abal-abal) di Aplikasi Cek Bpom

   Sebelum membeli sebuah produk pastinya kita akan mengecek tanggal kadaluarsa dan mencari apakah ada nomor BPOM atau tidak ?.

Tau gak sih sobat bahwa nomor BPOM bisa saja di palsukan atau nomor abal-abal. Sekarang ini banyak produsen nakal yang meraup keuntungan dengan mengatas namakan brand-brand terkenal dan memberi nomor BPOM palsu.
Disini saya bukan menjelek jelekan sebuah produk atau bekerja sama dengan sebuah produk, tetapi saya hanya membagikan sebuah informasi yang saya ketahui dan pengalaman saya sendiri.

Malam sabtu kemarin tanggal 19 oktober 2018 saya pergi ke Lampung Fair ( Pameran ), saya mampir ke stand BPOM untuk melihat lihat. Saya melihat beberapa produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan tidak ada izin edar.

Produk kosmetik tanpa izin edar BPOM, dari etalase stand BPOM.

Diatas adalah foto kosmetik-kosmetik tanpa izin edar yang saya ambil dari etalase stand BPOM, saya lupa memfoto makanan dan obat-obatan karena terlalu tertarik dengan produk kosmetik.
Disana saya mendapatkan kesempatan mencoba aplikasi baru mereka yaitu Cek BPOM yang bisa kalian download di Play Store. Seperti di bawah ini gambar logo aplikasi Cek BPOM.

Singkat saja, setelah saya mencoba aplikasi tersebut, sesampai dirumah saya kepo dengan produk-produk yang saya pakai. Langsung saya cus ke play store untuk mendownload aplikasinya.
Dibawah ini adalah tampilan dari aplikasi cek bpom.

Gambar 1.
Gambar 3.
Gambar 2.
Gambar 1 adalah tampilan dari cek bpom.
Gambar 2 adalah pilihan dari kolom pertama gambar 1, disitu kita bisa pilih kategori semua produk, produk teregistrasi, produk dibatalkan, dan public warning.
Gambar 3 adalah pilihan dari kolom kedua gambar 1, disitu ada pilihan nomor registrasi, nama produk / nama dagang, dan nama produsen / importir.
Kolom terakhir gambar 1 ada kolom kata kunci pencarian.

Saya mengecek semua produk yang saya punya, di bawah ini adalah salah satu produk saya yang sudah teregistrasi nomor BPOM nya.

Gambar 1.

Gambar 2


Gambar 3.
Di gambar satu kolom ke-2 saya memilih nomor registrasi, maka di kolom kata kunci pencarian saya masukin nomor Bpom yang terdapat pada bawah kemasan (gambar 2). Jika tidak ada nomor registrasi pada produk, sobat bisa pilih kategori nama produk atau nama produsen. Jika produk sudah terdaftar di BPOM maka tampilan yang keluar seperti gambar 3.

Ternyata jengjengjeng aku punya produk yang memiliki nomor BPOM tetapi tidak terdaftar huhuhu sedih banget ternyata aku ketipu sama tanda bpom nya. Nah ini yang saya maksud nomor bpom abal-abal.

Gambar 1.
Gambar 2
Gambar 3.
 Gambar 1 diatas memiliki dua nomor Pom karena itu satu alat tapi kegunaannya ada dua yaitu maskara sama eyeliner. Saya cek semua dua nomor itu ternyata tidak terdaftar.

Contohnya di gambar 2 saya menggunakan nomor pom pertama. Jika nomor tidak terdaftar maka akan tampil seperti gambar 3 bahwa data produk tidak ditemukan, itu artinya nomor tersebut tidak pernah di daftarkan atau abal-abal.

Dulu sebelum ada aplikasi Cek BPOM ini, saya pernah iseng buka web bpom yaitu https://www.pom.go.id/new/ untuk mengecek produk makanan yang saya beli secara online, karena saya ragu dengan nomor bpom dan label halalnya.

Untuk mengecek halal nya sobat bisa buka link ini  http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1 .
Ternyata eh ternyata dugaan saya benar kalau label halal dan bpom nya itu hanya copas dan palsu.

Sedihnya saya telat mencurigainya karena produk makanan itu sudah habis saya makan huhuhu.

Sekarang saya selalu waspada membeli sebuah produk dan sebelum beli saya selalu cek produk di Cek BPOM terlebih dahulu, karena saya tau tidak semua produk yang memiliki nomor BPOM sudah teregistrasi.
Yukss sekarang mulai cek produk-produk sobat apakah semuanya aman dan teregistrasi.

Apakah sobat memiliki pengalaman yang sama seperti saya ??.

Mohon maaf jika ada tulisan saya yang kurang dimengerti atau menyinggung. 

Jangan lupa tinggalkan jejak kalian di kolom komentar. :-)

Gomawoo...

Komentar

  1. Ka klo produk kosmetik asal korea, no bpom pada produk sama dengan no bpom di web, tapi label nya berbeda antara official store dengan penjual lain yg menjual produk yg sama, itu gimana yaa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : Innisfree Aloe Revital Soothing Gel

Review Vaseline Repairing Jelly | Petroleum Jelly